Monday, August 14, 2017

TIGA PERKARA YANG TIDAK AKAN PERNAH PUTUS WALAUPUN TELAH MENINGGAL DUNIA


Berikut ini merupakan amal yang tak akan terputus, walaupun si Fulan/Fulanah telah meninggal dunia :

1. Sedekah jariyah

Sedekah jariyah merupakan sedekah yang dilakukan oleh seseorang dan pahalanya akan terus mengalir, walaupun ia sudah meninggal.
Misalnya, mewakafkan tanah untuk pembangunan madrasah atau tempat pembelajaran al-Qur'an. Pahala amal tersebut akan terus mengalir selama madrasah/TPA tersebut terus digunakan dalam mengajar dan berdakwah.
Selain itu, apabila kita tidak bisa bersedekah dengan menggunakan harta kita juga bisa melakukannya dengan cara lain.
Misalnya, menyingkirkan paku/batu dijalan agar tak mencelakakan kendaraan yang melewati jalan tersebut juga termasuk amal jariyah. Asalkan semua amal tersebut diniatkan ikhlas lillahita'ala.

2. Ilmu yang bermanfaat

"Sampaikan dariku, walau hanya satu ayat" (H.R Muslim)
Hadits tersebut menegaskan, walaupun sedikit saja ilmu yang kita ketahui, kita harus tetap mengamalkannya, dan mengajarkannya ke orang lain. Cara untuk menjadikan ilmu yang kita miliki ini bermanfaat adalah dengan Berdakwah, atau mengajar di sebuah majelis ilmu. Menjawab pertanyaan orang lain dengan sabar dan ikhlas hingga orang tersebut faham juga termasuk mengamalkan ilmu.
Kita juga harus membagikan ilmu kita kepada orang lain, agar ilmu yang kita dapatkan tidak menjadi sia - sia. Tapi, berbicara mengenai soal berbagi ilmu, menyontek itu bukan termasuk berbagi ilmu. Karena menyontek merupakan perbuatan yang tidak jujur. Walaupun hasil nilai kita bagus namun, berasal dari menyontek itu percuma saja. Kita tetap tidak akan bisa walaupun dengan menyontek, karena kesuksesan berasal dari diri kita sendiri.

3. Anak Sholeh yang mendo'akan kedua orang tuanya.

Salah satu tanda berbakti seorang anak pada orang tuanya adalah mendo'akan mereka. Meskipun orang tuanya telah meninggal dunia. Janganlah putus do'a kalian terhadap orang tua. Usahakan setiap hari, setiap selesai sholat, do'akan mereka terus menerus. Karena walaupun mereka sudah meninggal dunia pun, do'a tersebut mampu menembus batas alam dunia dan barzakh.  Allah tetap mengabulkannya. Wallahu'alam😀
Kita juga harus berusaha untuk menjadi anak sholeh/sholehah dan tidak boleh melawan orang tua. Karena kedua orang tua kita telah merawat kita dari kecil sampai bbesar sehingga kita menjadi anak yang sukses di kemudian harinya.

No comments:

Post a Comment